Komponen - Komponen Perangkat Keras Pada Komputer

Komponen - Komponen Perangkat Keras Pada Komputer

Perangkat Keras Komputer di sebut juga Arsitektur Komputer dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer

  1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain/mengubah input menjadi output. Dirincikan sbb :  Primary storageControl unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu system, Arithmatika and logical Unit, tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
  2. Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage.
  3. Unit Output, mencatat dan atau mencetak hasil pengolahan.
  4.  Primary storage : tempat penyimpanan.

CPU (Central Processing Unit)
 Central Processing Unit, Disinilah jantung atau nyawa dari sebuah komputer. Disinilah tempat dimana semua proses yang dilakukan oleh sebuah komputer berlangsung.
  1.  Processor : Menjalankan program.
  2.  Motherboard adalah rumah dari perangkat dimana semua yang berhubungan untuk dapat masuk kedalam system harus melalui motherboard.
  3. Video Graphics Adapter ( VGA ) : Perantara untuk menterjemahkan keluaran dari processor untuk ditampilkan  ke monior.
  4. Power Supply Unit ( PSU ) : Mensuplai tenaga untuk semua komponen yang ada dalam  computer. Serta untuk menstabilkan voltase secara otomatis.
  5. Harddisk : Salah satu jenis memori penyimpanan dalam computer.
  6. Memory ( kecepatan ) : Semakin besar kapasitas memory semakin leluasa sebuah computer untuk mengeksekusi program. 
Peralatan Output
 Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan ( huruf, angka, symbol khusus ), image ( dalam bentuk grafik atau gambar )
  1.  Hard-copy device  yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
  2. Soft-copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.Projector : Sama halnya monitor, projector berfungsi menampilkan data-data dari CPU, badanya adalah ukuran keluaran projector jauh lebih besar dari monitor.
  3. Pita Magnetik (Magnetic Tapes)
  4. Floppy disk (diskette),
  5.  Zip Drive
  6. Flash Disk
  7. Hard Disk
  8. Disk Optik (Optical Disk)
Komponen - Komponen Perangkat Lunak Pada Komputer
Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk memudahkan pekerjaan penggunanya.

 a. Word Processing
   Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, dan lain-lain.

 b. Desktop Publishing
           Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak.


       c. Program Spreadsheet
     Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara     berkolom.Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, dan lain-lain. 

  
 d. Multimedia Program ini berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan multimedia. Contohnya adalah Adobe Premiere Pro, Microsoft Video, dan lain-lain.

 e.
Antivirus

          Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya  sangatlah banyak seperti Avira, AVK Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain.

0 Response to " Komponen - Komponen Perangkat Keras Pada Komputer"

Catat Ulasan