Flip Flop Digital Works

Pengertian Flip Flop

Flip Flop yaitu sebuah rangkaian dimana rangkaiannya berganti-ganti. Flip Flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan. Prinsip dasar dari flip flop
adalah suatu komponen elektronika dasar seperti transistor, resistor, dan dioda yang dirangkai menjadi suatu gerbang logika yang dapat bekerja secara sekuensial. nama lain dari flip flop adalah multivibrator bistabil.
> Pengertian dari Transistor adalah komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor dan             berfungsi sebagai penguat sinyal, penyambung (switching) dan stabilisasi tegangan.
> Pengertian Resistor adalah komponen elektronika yang bersifat membatasi, menghambat, menahan arus         listrik yang mengalir didalam suatu rangkaian.
> Pengertian Dioda adalah untuk memperbolehkan arus listrik mengalir dalam suatu arah dan untuk menahan     arus dari arah sebaliknya.
> Bekerja secar sekuensial adalah outputnya tidak bergantung pada nilai input saat itu, tetapi juga input-input    sebelumnya. karena itu dikatakan mempunyai karakteristik memori.


Jenis- Jenis Flip Flop yaitu :

1. Flip Flop R-S   : Mempunyai dua masukan dan dua keluaran. Flip Flop RS dapat dibentuk dari kombinasi     dua gerbang NAND atau kombinasi dua gerbang NOR.
2. D Flip Flop       : Flip flop ini mempunyai hanya satu masukan, yaitu D.
3. JK Flip Flop     : JK Flip Flop sering disebut dengan JK FF induk hamba atau Master Slave JK FF               karena terdiri dari dua buah flip flop,yaitu Master FF dan Slave FF. Master Slave JK FF ini memiliki 3         buah terminal input, yaitu J, K, dan Clock. Sedangkan IC yang dipakai untuk menyusun JK FF adalah           tipe 7473 yang mempunyai dua buah JK flip flop dimana lay outnya dapat dilihat pada Vodemaccum IC       (Data bookc IC). kelebihan JK FF terhadap FF sebelumnya yaitu JK FF tidak mempunyai kondisi               terlarang artinya berapapun input yang diberikan asal ada clock maka akan terjadi perubahan pada               output. Flip Flop JK dibangun dari rangkaian dasar Flip Flop SR dengan menambah dua gerbang AND.
4. T Flip Flop.

Didalam tugas kami, kami menggunakan Flip Flop jenis JK Flip Flop dengan tulisan berjalan bertuliskan "HELLO". Komponen yang digunakan yaitu :
1. Interactive Input   : Berfungsi sebagai tombol untuk menyalakan lampu.
2. Gerbang NAND : Terdiri dari dua atau lebih dari masukan dan sebuah sinyal keluaran. semua masukan         harus berharga tinggi untuk menghasilkan keluaran rendah.
3. Wiring Tool         : Berfungsi untuk membuat kawat saluran antar gerbang sampai titik LED.
4. 7 Segment LED   : Digunakan menampilkan angka. Seven Segment ini tersusun atas 7 batang LED yang       disusun membentuk angka 8.
5. Gerbang NOT     : Inverter (pembalik) dengan satu sinyal masukan dan satu sinyal keluaran, dan keadaan     keluarannya selalu berlawanan dengan keadaan masukan.
6. Clock                  : Berfungsi sebagai pengatur waktu.
7. LED                    : Berfungsi sebagai lampu hasil rangkaian gerbang.

Berikut Merupakan Rangkaian JK Flip Flopnya :


Berikut merupakan cara membuat rangkaian JK flip flop dengan tulisan "HELLO" :
1. Langkah Pertama yaitu membuka aplikasi Digital Work.
2. Setelah itu klik File kemudian klik Open.
3. Setelah itu muncul Open Circuit, kemudian klik Look In dan pilih Local Disk (C:)
4. Setelah itu pilih Program Files
5. Kemudian pilih Digital Works
6. Setelah itu pilih Sample Circuits
7. Setelah itu pilih Master Slave JK Flip Flop
8. Maka akan muncul seperti ini

0 Response to "Flip Flop Digital Works "

Catat Ulasan